Pendaftaran Online CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018/2019

Pendaftaran Online CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan - Kemendikbud merupakan singkatan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan lembaga tertinggi negara yang bergerak pada bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud sendiri memiliki wewenang dalam hal layanan SISWA, GURU, ORANG TUA, SEKOLAH, MASYARAKAT, BUDAYA DAN BAHASA Sekaligus Pemerintah daerah.Kemendikbud sendiri memiliki situs remsi yang berada di Kemdikbud.go.id. Sejarah panjang atas lahirnya Kemendikbud dari sejak tahun kemerdekaan republik Indonesia dengan Nama Departemen Pengajaran berubah menjadi Departemen Pendidikan Dan kebudayaan dari tahun 1948 sampai degan 1999 dan berubah menjadi Departemen Pendidikan Nasional atau Kemendiknas dari tahun 2009 sampai tahun 2011 dan sekarang terakhir berubah menjadi Kemendikbud sampai sekarang ini.



Salah satu info penting bagi kebanyakan orang ,baik siswa, guru dan sekolah yang paling banyak mengikuti perkembangan Informasi, mereka telah membuat beberapa layanan web subdomain untuk masing-masing kegiatan, terutama untuk penerimaan pegawai neger sipilnya yang terupdate pada sumber situs resmi di cpns.kemdikbud.go.id, baik info penting terkait dengan alur pendaftaran sampai pengumuman kelulusan ujian cpns.
Dalam hal ini kami akan sedikit membahas  tentang alur pendaftararan yang dilaksanakan diwebsite dan situs resmi pendaftaran cpns kemendikbud secara online.

ALUR PENDAFTARAN CPNS ONLINE KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. (BERDASARKAN KETENTUAN TAHUN SEBELUMNYA)

Tahap Pertama, Pendaftaran berlangsung di portal nasional CPNS yang berada di website resmi yang berada di https//:panselnas.menpan.go.id  dengan menggunakan email yang masih aktif, untuk mendapatkan username dan password yang diperoleh melalui email. Bagi yang sudah melengkapi dan mendapatkan email balasan pastikan anda benar memilih instansi di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadwal pendaftaran sesuai yang telah ditentukan oleh Panitia penerimaan masuk


Tahap Kedua, Pendaftaran Kemendikbud dilakukan di situs resminya yang beralamat di https://cpns.kemendikbud.go.id dengan menggunakan sebuah aplikasi yang telah dibuat. Perlu diingat username dan psswordnya telah dibuat di website panselnas. Jangan lupa anda simpan dengan baik password dan username yang teah diberikan. Pendaftaran Online Kemendikbud ini  bertujuan untuk melengkapi data pribadi pendaftaran online  untuk menentukan wilayah  lokasi test ujian kompetesnsi dasar atau TKD. Apa saja yang akan diisikan?
- Formulir data pendaftaran
- Penentuan lokasi test untuk TKD
- Mengupload Pas foto Ujian dengan ukuran 400X500 pixel dan maksimal ukuran gambar sebesar 100 kb pada format jpg
- Mencetak kartu peserta test yang akan dibawa ketika pendaftar mengikuti pelaksanaan ujian TKD

Tahap ketiga, Bagi yang sudah melaksanakan test TKD bisa melihat pengumuman ujian test yang berada di halaman resminya di http://cpns.kemendikbud.go.id. Untuk jadwal pengumuman nomer ujian, waktu dan lokasi sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan oleh panita dan lokasi tempat ujian sesuai dengan pilihan pelamar yang ditetapkan oleh panitia.

Tahap keempat, Untuk pelaksanaan TKD, peserta langsung mengikuti Test Kompetensi Dasar dengan CAT atau uji kompetensi berbasis komputer dengan ketentuan sebagai berikut ini:
- waktu ujian TKD ditnetukan sesuai dengan keputusan dari panitia
- Peserta yang akan hadir pada ujian TKD diharapkan membawa identitas diri KTP dan kartu Tanda Peserta ujian.
- Peserta diwajibkan hadir sebelum test dimulai, sekitar 30 menit.
- Peserta yang akan mengikuti test diwajibkan untuk berada di lokasi yang telah ditentukan dan waktu yang telah ditetapkan panitia.
-Peserta wajib patuh dengan tata tertib yang telah dibuat seperti diatas.

Tahap Kelima, Seorang pendaftar yang dinyatakan lulus Test Kompetensi Dasar harus mencetak Formulir Pendaftaran dan harus mengirimkan berkas lamarannya di PO BOX sesuai dengan unit kerja yang dilamar. Adapun berkas lamaran yang akan dikirimkan adalah sebagai berikut ini:

- Cetakan KTP yang telah difotokopi sebelumnya dan usahakan KTP masih berlaku hingga sekarang.
- Print Out dari Formulir pendaftaran yang telah ditandatangani
-Surat Tanda Tamat Belajar ataupun Ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
-Bagi yang memiliki ijazah luar negeri, harus memiliki surat keputusan dari Ditjen DIkti Kemendikbud tentang penyetaraan penilaian ijazah.
-Fotokopi kelengkapan persyaratan tambahan dari unit kerja yang sudah dipilih.

Adapun beberapa ketentuan pengiriman adalah sebagai berikut:
- Pengiriman berkas terhitung setela tanggal pengumuman dengan jangka waktu hanya 10 harian
- Berkas harus diterima oleh panitia satu hari sebelum batas waktu pengiriman yang berpedoman pada stempel POS ataupun ekspedisi
- Surat kirim sesuai dengan PO BOX unit kerja pelamar, tanpa menggunakan PO BOX tidak akan dilayani.

Berkas yang  akan dikirimkan harus sesuai dengan urutannya sebagai berikut:
- KTP yang telah di Fotokopi oleh pelamar yang masih berlaku
- Prin Out Asli untuk registrasi pendaftaran online
- Fotokopi Ijazah sesuai dengan ketentuan warna stop map pembeda
 - warna hijau untuk pendaftar lulusan S1
 - warna kuning untuk pendaftar lulusan D3
 - warna jingga untuk pendaftar lulusan SLTA
 - warna merah untuk pendaftar lulusan S2
 -warna biru untuk pendaftar lulusan S3

- Fotokopi kelengkapan berkas
Tahap Keenam, Panitia memverikasi beberapa lamaran yang telah dikirim oleh si Pendaftar dan mengumumkan beberapa berkas yang lolos, pengumuman hasil seleksi berkas tersebut akan dilakukan diwebsite resminya di http://cpns.kemendikbud.go.id

Tahap Ketujuh, Beberapa pendaftar yang telah mengikuti verifikasi  berkas dan pengumumannya sudah dinyatakan lolos dapat segera mengikuti Test Kompetensi Bidang sesuai dengan jurusan dan unit kerja yang akan diambil nantinya.

Tahap Kedelapan, Tahap pengumuman hasil akhir Seleksi CPNS yang dilaksanakan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan, dan pengumuman tersebut dapat dilihat di situs resminya di cpns.kemendikbud.go.id atau langsung pada laman homepagenya di kemendikbud.go.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Online CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018/2019"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.
close