Kementerian Kesehatan Membuka Lowongan Program Nusantara Sehat 2017

CpnsKementerian.com (Jakarta) – Informasi lowongan kerja untuk kali ini dibuka oleh Kemenkes atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kemenkes merupakan lembaga pemerintahan yang menaungi atau membidangi urusan kesehatan.  Kementerian ini bertanggungjawab secarab langsung kepada presiden. Kementerian ini dipipin oleh seorang menteri. Yakni menteri kesehatan. Di era pemerintahan Jokowi-JK, Menteri Kesehatan dijabat oleh Nila Moelok.

Kementerian Kesehatan dari tahun 2015 intensif  melakukan program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Program yang dilaksanakan Kementerian Kesehatandi antaranya, mengirimkan makanan pendamping iar susu ibu (MP-ASI), pemberian makanan tambahan ibu hamil (PMT-Bumil), dan pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMT-ASI) di beberapa daerah di Indonsia. Makanan pendamping tersebut dikirimkan melalui pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten. Program tersebut diutamakan bagi ibu dan anak. MP-ASI dan PMT-Bumil dilakukan untuk mengantisipasi masalah gizi, sementara PMT-ASI dilakukan dengan tujuan lebih mengarahkan dan memperkenalkan serta membiasakan anak-anak untuk sarapan sebelum melakukan aktifitas di sekolah. Untuk menunjang berbagai program Kementerian Kesehatan maka Kementerian Kesehatan membuka program Nusantara Sehat.

Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan merupakan program yang diselenggarakan oleh KementerianKesehatan yang bertujuanuntuk memperkuat layanan kesehatan primer di Indonesia. Layanan kesehatan tersebut dilakukansecara tim  di daerah perifer. Kementerian Kesehatan melaksanakan program Nusantara Sehat sejak tahun 2015- 2016. Dan selama itu telah mengerahkan 1422 orang tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan tesebut ditempatkan pada 251 lokasi khusus pada 91 Kabupaten/kota di 28 Provinsi di Indonesia.  Fokus utama program ini yakni sebagai upaya promotif dan preventif untuk mengubah mindset masyarakat mengenai kesehatan.


Tujuan khusus penyelenggaraan program ini adalah:
1. Meningkatkan capaian target Puskesmas
2. Kesehatan Puskesmas
3. Permasalahan kesehatan lokal daerah
4. Kesehatan dapat sesuai dengan standar
5. Meningkatnya retensi tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas
6. Terselenggaranya pelayanan kesehatan yang teintegrasi.

Untuk mencapai dan mewujudkan program tersebut dalam bulan Januari 2017 ini Nusantara Sehat  Kementerian Kesehatan kembali membuka lowongan pekerjaan  bagi para pencari kerja yang baru lulus atau pun yang telah memiliki pengalaman kerja untuk bergabung dalam program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan. Pada tahun 2017 Kementeria Kesehatan kembali membuka peluang bagi putera – puteri bangsa untuk bergabung menjadi tenaga kesehatan Nusantara Sehat di 104 lokasi khusus Puskesmas seluruh Indonesia. Berminat untuk bergabung dengan program Nusantara Sehat perhatikan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. Persyaratan tersebut, antara lain sebagai berikut:

PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN
Rekrutmen  merupakan bagian dari  kesuksesan program. Adapun beberapa formasi rekrutmen yang dibutuhkan dalam program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan adalah sebagai berikut :
1. Dokter
2. Dokter gigi
3. Bidan
4. Perawat
5. Tenaga Kesehatan Masyarakat
6. Tenaga Kesehatan Lingkungan
7. Ahli Tehnologi Laboratorium Medik
8. Tenaga Kefarmasian
9. Tenaga Gizi

Persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mengikuti program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Repbulik Indonesia, yaitu :
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Usia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun untuk dokter umum dan dokter gigi, untuk tenaga kesehatan lainnya usia maksimal 30 (tiga puluh) tahun.
3. Tidak senang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/ swasta dan tidak sedang berkedudukan sebagai CPNS/ PNS/ Calon AnggotaTNI/ Polri serta anggota TNI/ Polri.
4. Status belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa penugasan 6 (enam) bulan.
5. Sehat jasmani dan rohani
6. Bebas narkoba (ditunjukkan dengan surat dari BNN atau instansi kesehatan lainnya yang menyediakan tes narkoba).
7. Berkelakuan baik (ditunjukkan dengan surat kelakuan baik / SKCK) dari pihak yang berwenang.
8. Memiliki STR yang masih berlaku (surat keterangan STRB yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima).
9. Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan kebutuhan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
10. Berpartisipasi pada program Jaminan Kesehatan Nasional dibuktikan dengan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Selain persyaratan umum yang dibutuhakan terdapat pula berkas yang perlu disiapkan. Ada pun berkas yang perlu dipersiapakan untuk mengikuti program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah sebagai berikut :
1. Pas foto
2. Scan ijazah
3. Scan STR yang masih berlaku
4. Scan KTP
5. Scan Kartu Keluarga
6. Semua file yang diupload kurang dari 250 kb

Berikut beberapa informasi terkait dengan program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia :
• Dalam Puskesmas tempat penugasan harus satu tim dan minimum satu tim 5 (lima) orang dan maksimum 9 (sembilan) orang.  Satu tim tersebut terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian. Semua formasi tersebut disesuaikan dengan pemetaan (mapping) ketenagaan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Formasi tersebut termasuk dalam penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim  (Team Based) dalam mendukung program Nusantara Sehat.
• Penugasan khusus berbasis tim (Team Based) dalam mendukung program Nusantara Sehat selama 2 (dua) tahun.
• Memberdayakan tenaga kesehatan pasca penugasan khusu berbasisi tim (Team Based) dalam mendukung program Nusantara Sehat berdasarkan kompetensi, standar ketenagaan, dan kebutuhan daerah sehingga tercapai kemandirian dan pemenuhan tenaga kesehatan sesuai dengan ketentuan pertauran perundang-undangan.

PENDAFTARAN
Jadwal pendaftaran program Nusantara Sehat dibuka pada tanggal 19 Desember 2016 sampai 18 Januari 2017. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website www.nusantarasehat.kemkes.go.id. Informasi lebih lanjut dan lengkapnya dapat menghubungi HALO KEMKES : Telp (021) 500567, Fax 021- 52921669, atau bisa lewat E-mail : nusantarasehat.kemkes@gmail.com

TATA CARA PENDAFTARAN
Terdapat beberapa tata cara pendaftaran yang telah diresmikan oleh Kementerian Kesehatan. Secara umum gambaran tata cara pendaftaran adalah sebagai berikut :

A. Daftar dan Login
1. Daftar dengan cara login atau membuat akun
2. Konfirmasi pendaftaran dikirim melalui E-mail pendaftar
3. Masuk ke E-mail dan aktifkan E-mail registrasi
4. Masukkan user name dan pasword pendaftar
5. Setelah login berhasil, pendaftar diminta memilih posisi yang dipilih sesuai profesi

B. Pengisian Form Pendaftaran
1. Informasi dasar, terdiri dari informasi dasar, profil online, poto profil, lalu simpan
2. Informasi kontak, terdiri dari informasi kontak, alamat sesuai KTP, kontak emergency, lalu disimpan.
3. Pendidikan , terdiri dari pendidikan terakhir, sertifikasi pelatihan (jika ada), beasiswa (jika ada), prestasi (jika ada).
4. Pengalaman, terdiri dari pengalaman organisasi, pengalaman kerja, dan informasi tambahan, kemudian simpan.
5. Essai, berupa keinginan mengikuti program Nusantara Sehat
6. Preview dan kirim

C. Cetak Kartu Pendaftaran
Pendaftaran program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dilakukan secara online. Untuk itu diimbau bagi calon pendaftar untuk menyiapkan semua berkas yang menjadi persyaratan. Selain itu, dalam mendaftar program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan diaharapkan untuk cermat dan sesuai dengan prosedur yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi data. Tujuannya agar data masuk sesuai prosedur dan dapat diterima oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kementerian Kesehatan Membuka Lowongan Program Nusantara Sehat 2017"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.