Tips Lolos Seleksi CPNS 2017/2018, Inilah Materinya!

Tips Lulus Seleksi CPNS - Antusiasme masyarakat terhadap seleksi CPNS sangatlah banyak, namun pemerintah melakukan langkah moratorium CPNS sehingga keinginannya mendaftar CPNS pupus. Namun mereka masih membuka lowongan kerja cpns kementerian hukum dan hak asasi manusia dan mahkamah agung. Bagi mereka yang berminat untuk melakukan pendaftaran cpns online harus mengikuti beberapa informasi sesuai, salah satunya adalah memenuhi syarat-syaratnya agar lolos seleksi administrasi.

Nah,setelah anda dinyatakan lolos seleksi administrasinya. Maka, anda akan dihadapkan dengan ujian seleksi yang sangat berat yaitu uji test seleksi kompetensi dasar dengan menggunakan  sistem komputer yaitu mengacu pada uji TWK, TIU dn TKP. Nah, itu kepanjangan dari apa ya!

materi cpns


Ketiga rumusan tersebut telah diatur dalam perturan Meneteri Pendayagunaan Aparatur Negara dn Reformasi Birokrasi (PANRB) no. 20/2017 tentang kriteria penetepan PNS dan pelaksanan Seleksi CPNS 2017 tentang apa saja materia soal Seleksi Komptensi Dasar (SKD) Kelompok materi soal dalam SKD adalah sebagai berikut ini:
- Test Wawasan Kebangsaan atau disingkat dengan (TWK)
- Test intelegensia umum atau disingkat dengan (TIU)
- Test karakteristik kepribadian atau disingkat dengan (TKP).

Nah, dari ketiga materi ini memiliki tujuan sebagai berikut ini:
Test Wawasan Kebangsaan atau disingkat dengan (TWK) dimaksudkna untuk mengetahui kemampuan pengetahuan nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI).  Nah, dari empat pilar tersebutlah anda sudah mengetahui seluk beluk bangsa Indonesia yang dimulai dari Pancasila sampai dengan pengetahuan NKRI.  Untuk NKRI memiliki materi yang meluas yaitu dari sejarah perjuangan bangsa, sistem Tata Negara Indonesia, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global.

Test intelegensia umum atau disingkat dengan (TIU) memiliki tujuan sebagai cara umu mengetahui seberapa jauh si pelamar cpns dapat mampu menyampaikan sesuai informasi secar lisan maupun tulisan atau disebut dengan kemampuan verbal. Test yang lainnya adalah pada kemampuan numerik yang diukur dari  perhitungan angkan dan meihat hubungan angka-angka sehingga TIU ini dapat juga dihubungkan dengan kamampuan berpikir logis  yaitu sebuah penalaran yang sistematis ataupun berurutan dan juga membawa kearah berpikir secara anlitis dalam menyelesaikan masalah yang sistemik.

Adapun Tes Karakteristik Pribadi (TKP) saat ini berorientasi pada penilaian integritas diri, pelayanan kepada orang lain, kemampuan bekerja mandiri, beradaptasi dengan lingkungan kerja, mengendalikan diri, kemampuan belajar berkenlanjutan sehingga dapat diketahui orang tersebut dapatkah bekerja bersama tim atau kelompok dan bagaimana seorang pelamar dapat menggerakan atau mengkoordinir orang lain.

Belum cukup pada seleksi kemampuan dasar (SKD) dengan 3 materi ulasan diatas melainkan juga mereka yang berhasil lolos test SKD harus dihadapkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang berdasarkan atas kemampuan bidang yang ditetapkan instansi pembina jabatan fungsional dan instansi jabatan pelaksana sesuai dengan Peraturan Menteri  PANRB No. 20/2017. Dan apabila kedua funsional tersebut belum mamu untuk menyusun materi SKB maka akan dilakukan Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi yang mengadakan pelaksanaan CPNS akan  akan menyusunkannya yang akan dipadukan dengan menggunakan sistem CAT pada BKN.

Nah, untuk SKD yang lolos maka akan diterima sebanyak tiga kali jumlah kebutuhan dari formasi CPNS sehingga tidak semua yang sudah lolos passing grade pada SKD dapat seluruhnya mengikuti seleksi kemampuan bidang (SKB) hal itu karena berdasarkan kebutuhan.

Untuk fasilitas komputer akan dipersiapkan dengan matang oleh BKN pusat, namun untuk beberapa instansi yang belum siap melaksanan test CAT, maka akan dilakukan dua bentuk test pada instansi yang dituju dengan test praktik kerja dengan materi yang seusi dengan kebutuhan jabatan dan test fisik kesamaptaan, pskilogis, kesehatan jiwa maupun wawancara.

Itulah beberapa  tips lulus cpns 2017 dari cpnskementerian.com untuk beberapa panduan yang harus anda lewati setelah lolos seleksi administrasi. Semoga anda dapat mempersiapkannya sejak dini untuk dapat lulus diterima menjadi pegawai negeri sipil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Lolos Seleksi CPNS 2017/2018, Inilah Materinya!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.