Pendaftaran Online CPNS Kementerian Mahkamah Agung (MA) 2017/2018

CPNS Mahkamah Agung  atau sering disebut dengan MA merupakan salah satu lembaga yang memegang kekuasan terpenting  dalah hukum dan peradilan tinggi di lembaga neara Indonesia, bersama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menguasi kekuasaan tertinggi dengan membawahi semua badan peradilan, baik itu dari peradilan agama, militer, umum dan tata usaha dalam negara.

Hal ini sesuai dengan sudah terjadi pada zaman belanda ketika menjajah bumi Indonesia, mereka berpengaruh terhadap peradilan di Indonesia, sehingga semua sumber resmi baik itu Kitab undang-undang hukum pidana dan perdata merupakan hasil dari masa penjajahan belanda pada masa jajahan Mr. herma Willem Daendles pada tahun 1807. Kemudian kembali pada Inggris yang juga sediikit berpengaruh pada peradilan tinggi pada masa Letnan Jendral Thomas Stanford reffles tahun 1811, Namun, Belanda memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap peradilan di Indonesia pada masa penjajahan Hindia Belanda yang hampir menjajah setengah abad lamanya pada tahun 1816-1842 di Indonesia.


Mengulas balik peradilan tinggi yang ada di Indonesia sejak zaman penjajahan belanda memang sudah dilaksanakan pada waktu itu, peradilan tertingginya bernama Hoogerechtshoof  yang memiliki kedudukan tinggi pada wilayah hukum di Indonesia  dengan seorang ketua dan dua orang anggota, dua orang advokat dan beberapa pembantu  oleh seorang panitera satu orang atau lebih.

Tepatnya pada 19 agustus tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno  mengangkat seorang ketua yang bernama Dr. R. S. Se Koesemah Atmadja sebagai salah seorang ketua umum Mahkamah Agung Repbulik Indonesia yang pertama kali dilantik, kemudian pada hari itulah diperingati sebagai hari jadi  ulang tahun Mahkamah Aung tertanggal 19 agustus 1945 melalui SK dengan nomer  KMA/043/SK/VIII/1999. Pada tanggal itulah Repbulik Indonesia mengesahkan Undang-Undang dasar 1945 dan pembentukan dan engangkatan Kabinet presidential pertama di Indonesia, Setelah satu tahun Ibu kota Indonesia dari jakarta berpindah ke Jogjakarta antara tahun 1946 sampai dengan 1950 sehingga Mahkamah Agung  mengalami dinamika dan ketatanegaraan.

Dalam hal ini Mahkamah Agung mememiliki tanggung jawab dan wewenangnya sebagai berikut ini:

Mahkamah Agung merupakan peradilan tertinggii atau pihak yang memutuskan permohonan kakasi dan peradilan tingay akhir dan semua peradilan yang ada.

Mahkamah Agung memiliki tangung jawab dalam menguji pertauran secara materi dalam peraturan perundang-undangan dibawah undang-undang.

mahkmah Agung memiliki wewang dalam menyelanggarakan peradilan pada semua lingkungan peradilan.

Struktur Mahkamah Agung terdiri dari seorang pimpinan Hakim, Kepaniteraan Mahkamah Agung, Sekretaris MA, Pimpinan dan hakim anggota MA dengan jumlah total sebanyak 60 orang.  Dengan info dan alamat kontak pada


Alamat Mahkamah Agung republik Indonesia
Jln. Medan Merdeka Utara no.9-13
Jakarta Pusat- jakarta Indonesia.

Pengumuman Penerimaan CPNS Mahkamah Agung (MA) Tahun 2017

Mahkamah Agung (MA)  Republik Indonesia membuka lowongan kerja CPNS MA  kepada seluruh masyarakat Indonesia, baik pria maupun wanita dengan kriteria terlampir, Beberapa kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan total formasi 1.684 CPNS , sebagai berikut;
- formasi sebanyak 1.684 CPNS  dikualifikasin untuk lulusan sarjana hukum, sarjana hukum islam dan sarjana syrai'ah


Persyaratan pendidikan yang dapat mendaftarkan diri  adalah bagi lulusan sarjana strata satu jurusan Perbandingan Madzah dan Hukum, ahwal Syakhsiyah/hukum keluarga, Jinayah Siyasah/ Hukum Jinayah dan tata Negara, Ilmu Huukum Islam, Hukum Ekonomi Islam, SHI, Sy dan berbagai jurusan hukum tentang agama.

- Dan terakhir pada Analis Materi Sidang Peradilan Agma sebanyak 22 orang.

Persyaratan pendidikan yang dapat mendaftarkan diri  adalah lulusan sarjana strata satu jurusan Perbandingan Madzah dan Hukum, ahwal Syakhsiyah/hukum keluarga, Jinayah Siyasah/ Hukum Jinayah dan tata Negara, Ilmu Huukum Islam, Hukum Ekonomi Islam, SHI, Sy dan berbagai jurusan hukum tentang agama.

Bagaimana dengan Persyaratan Umum bagi calon pendafar CPNS?
-  Sebagai seorang warga negara Indonesia (WNI)
- Memiliki kesehatan jasmani dan rohani
-  Belum pernah dinobatkan sebagai PNS/TNI/Polri, atau diberhentikan sebagai Aparatur sipil negara dengan tidak hormat.
- Tidak memiliki ikatan dengan instansi lain
- Memiliki kriteria dan kualifikasi yang dipersyaratan sesuai dengan pe nerimaan pendidikan  dengan program studi yang sudah terakreditasi minimal B dan memiliki IPK minimal 2,8
- Usia minimal pendaftar  18 tahun
- bersedia ditempatkan diseluruh Indonesia.
Bisa kunjungi website resmi yang berada di www.mahkamahagung.go.id

Jadwal Pendaftaran Online CPNS Kementerian Mahkamah Agung?

Pendaftaran online Mahkamah Agung akan diadakan mulai tanggal 1 s/d 31 Agustus, siapakn anda mulai dari sekarang dan buka website resmi panselnas.

Bagaimana tata cara pendaftarannya?

Pendaftaran CPNS Mahkamah Agung (MA) melalui tata cara online yang sudah ada sejak dahulu di website resmi panitia seleksi penerima an  calon pegawai negeri sipil di website

1. http://panselnas.menpan.go.id
2. http://sscn.bkn.go.id


 Adapun pelamar juga harus melampirkan surat lamaran tertulis dengan lampiran sebagai berikut:
1. Melakukan registrasi online  dengan bukti print out dkument hasil registrasi di website panselnas tersebut
2.  Bagi yang akan melamar silahkan untuk menulisakn surat lamaran dengan tinta hitam dengan dibubhi sebuah maetrai 6000. yang ditujukan kepada sekretaris MA RI, Untuk tanggal pelamaran sesuai dengan registrasi onlinenya.
3. Menyertakan Fotokoi KTP yang masih berlaku.
4. Melampirkan fotokopian transkrip nilai dengan ijazah yang sudah dilegalisir. dan dapat menunjukkan akreditasi prodi minimal B
5. Memberikan foto yang berukuran 4x6 dengan background warna merah ditulis nama dan tanggal lahir.

Beberapa berkas diatas dibuat dan dimasukkan ke amplop warna kecoklatan dan dituliskan nomer pendaftaran registrasi online ke alamat berikut ini:

Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Mahkamah Agung Repblik Indonesia
PO BOX 2700 Jakarta 10027

Pengiriman diatas hanya digunakan untuk kantor Pos dan anda bisa memilih beberapa Lokasi Ujian terdekat di Indonesia.

1. BKN Pusat Jakarta
2. Kanreg BKN 1 Jogja
3. Kanreg BKN 2 Surabaya
4. Kanreg BKN 3 Bandung
5. Kanreg BKN 4 Makassar
6. Kanreg BKN 5 jakarta
7. Kanreg BKN 6 Medan
8. Kanreg BKN 7  Palembang
9. Kanreg BKN 8 banjarmasin
10. Kanreg BKN 9 Papua
11.Kanreg BKN 10 Denpasar
12. Kanreg BKN 11 Manado
13. Kanreg BKN 12 pekanbaru

 Bagi yang mendaftarkan jangan lupa untuk belajar tata cara seleski menggunakan sitem komputerisasi online atau CAT dengan seleksi dan tahapannya sebagai berikut:

1. Bagi pelamar pendaftaran CPNS MA harus mengetahui  mengoperasikan komputer karena  ujian Test Kompetensi dasar (TKD) menggunakan sistem CAT
2.  Bagi pelamar jangan lupa untuk selalu mengecek situs mahkamahagung.go.id karena Jadwal ujian akan ditetapkan di situs tersebut
3. Pada saat ujian, pelamar jangan lupa membawa kartu ujian dan kartu tanda penduduk.
4.  Bagi pelamar yang sudah dinyatakan lolos Test Kompetensi dasar akan serentak diumukan diwebsite resmi  Mahkamahagung.go.id.
 dan sudah berkewajiban untuk mengikuti seleksi selanjutnya yaitu test kompetensi bidang (TKB).
5.  Seleksi pendaftaran cpns tersebut menggunakan sistem gugur sesuai dengan keputusan panitia.

Bagi anda yang belum memiliki buku cpns silahkan anda pesan bukunya di kami yang menyediakan berbagai soal-soal ujian yang akan dikeluarkan dilengkapi dengan sistem CAT untuk pendaftaran CPNS

Beli-------------------------------- BUKU CPNS-------------------------------------- Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Online CPNS Kementerian Mahkamah Agung (MA) 2017/2018"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.